Tiket penerbangan ke Piala Dunia Qatar alami lonjakan

0
76

Dubai menjadi penerima manfaat terbesar dari tren pariwasata olahraga ini, dengan menangkap 65 persen besaran kunjungan,

Jakarta (ANTARA) – Jumlah pemesanan tiket penerbangan ke Qatar yang menjadi lokasi Piala Dunia 2022 mengalami lonjakan, dengan Uni Emirat Arab (UEA) menjadi salah satu dari 10 negara pemesan tertinggi.

“Dubai (UAE) menjadi pemesan terbanyak mencapai 103 kali dibanding periode yang sama pada November hingga Desember tahun ini dan 2019,” tulis lembaga analis penerbangan swasta ForwardKeys seperti dikutip Reuters, Selasa.

ForwardKeys menyebutkan jumlah pesanan tiket ke Qatar jelang Piala Dunia meningkat secara total 10 kali lebih banyak dibanding periode yang sama sebelum pandemi.

Sembilan negara lain dengan jumlah pemesan terbanyak yaitu Mexico dengan 79 kali lipat, Argentina 77, Spanyol 53, Jepang 46, Korea Selatan 24, Brazil 14, Tunisia 13, serta Prancis dan Amerika Serikat 11.

Menurut laporan tersebut, tingginya angka penerbangan dari Dubai diperkirakan karena banyak penggemar sepak bola yang lebih memilih untuk menginap atau tinggal di ibu kota UEA daripada di Doha, Qatar.

Faktor kurangnya akomodasi di Qatar menjadi penyebab para calon penonton Piala Dunia lebih memilih Dubai menjadi tempat tinggal.

Permintaan tiket juga terus melambung meski ada persyaratan untuk menunjukkan hasil negatif dari tes COVID-19 untuk masuk Qatar.

Baca juga: 2,45 juta tiket Piala Dunia Qatar 2022 telah terjual

Dari segi pariwisata, pagelaran Piala Dunia 2022 juga membawa angin segar bagi sejumlah negara tetangga. Pemesanan penerbangan ke wilayah Teluk naik 61 persen, sementara pada periode November-Desember 2019 hanya 16 persen.

Turis asing yang datang ke kawasan Teluk didominasi oleh Amerika Serikat dengan angka 26 persen, diikuti Kanada 10 persen dan Inggris sembilan persen.

“Dubai menjadi penerima manfaat terbesar dari tren pariwasata olahraga ini, dengan menangkap 65 persen besaran kunjungan,” kata ForwardKeys.

Sedangkan tuan rumah acara melaporkan peningkatan pemesanan 31.123 kamar hotel pada akhir kuartal pertama, sebagaimana informasi yang dihimpun Reuters dari otoritas pariwisata Qatar.

FIFA telah memesan 80 persen kamar yang tersedia di Qatar untuk pemain, tamu, dan ofisial selama turnamen. FIFA diperkirakan akan merilis kamar yang tidak perlu ke pasar selama beberapa minggu ke depan.

Baca juga: Messi sebut Qatar akan jadi Piala Dunia terakhirnya

Baca juga: Qatar pangkas jam kerja untuk kurangi kemacetan selama Piala Dunia

Baca juga: Sebagian besar tim Piala Dunia 2022 berbasis dalam radius 10 km

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini