Taj Yasin Optimistis Jateng Bakal Penuhi Target Tiga Besar MTQ Kalsel  

0
99

MTQ Kalsel rencananya dibuka Presiden RI.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG—Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah optimis kontingen Jawa Tengah bakal mampu memenuhi target pada Musabaqah Tilawatil Quran XXIX 2022 di Kalimantan Selatan.


Pasalnya, seluruh kafilah yang bakal mewakili Jawa Tengah pada ajang MTQ tingkat nasional ini telah mematangkan persiapan mereka sejak lama untuk membawa Jawa Tengah meraih posisi tiga besar.


Ketua Umum LPTQ Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengungkapkan, seluruh kafilah asal Jawa Tengah yang diberangkat pada MTQ XXIX telah dipersiapkan secara matang lama sebelum kompetisi.


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan masuk tiga besar pada Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIX di Kalimantan Selatan. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengungkapkan, sudah melihat langsung rangkaian persiapan dan pelatihan para calon peserta.


Baik persiapan secara mental maupun kemampuan. Selama mengikuti pemusatan latihan, kontingen asal Jawa Tengah diberikan fasilitas serta pelatihan yang menyerupai kompetisi yang akan diikuti.


Dalam persiapan, para kafilah dibuatkan skenario menyerupai kompetisi, termasuk ada juga beberapa tahap latihan untuk mematangkan mental untuk mengikuti kompetisi. “Jadi begitu mengikuti kompetisi, mereka tidak kaget dan lebih siap secara mental,” jelasnya.


“Melihat persiapan mereka (kafilah) saya optimis Jawa Tengah bisa masuk tiga besar pada MTQ XXIX tahun ini,” katanya, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (12/10/2022).


Taj Yasin juga menyampaikan, sebanyak 139 orang kafilah telah diberangkatkan menuju Kalimantan Selatan, Ahad (9/10/2022) kemarin. Ia berharap seluruh kafilah bisa mengikuti kompetisi tanpa ada halangan apapun.


Tak lupa, Taj Yasin juga berpesan agar para kafilah menjaga kondisi keehatannya agar tetap fit. Sebab mengikuti kompetisi selama berhari- hari bisa membuat kondisi tubuh bisa menurun jika tidak dijaga dengan baik.


Oleh karena itu, ia meminta kontingen Jawa Tengah tetap disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan ketua kontingen. “Jangan terlalu diforsir, ikuti arahan ketua kontingen, disiplin mengatur waktu termasuk waktu istirahat,” tegas Wakil Gubernur Jawa Tengah ini.


Berdasarkan data LPTQ Jawa Tengah, sebanyak 139 kafilah dari Jawa Tengah terdiri dari 56 atlet dan pendamping. Mereka mengikuti seluruh cabang lomba dan golongan pada MTQ XXIX Kalimantan Selatan.


Ada delapan cabang dan 23 golongan yang dilombakan. Sebanyak delapan cabang yang dilombakan adalah seni baca Al-Qur’an, qira’at Al – Qur’an, hafalan Al – Qur’an, tafsir Al – Qur’an, Fahm Al – Qur’an, Syarh Al-Qur’an, seni kaligrafi Al- Qur’an dan karya tulis ilmiah Al-Qur’an.


MTQ ke XXIX rencananya dibuka Presiden RI, Joko Widodo pada hari ini dan akan ditutup pada 18 Oktober 2022 nanti oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. Pembukaan maupun penutupan acara MTQ Nasional dilaksanakan di Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.


 



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini