Rakernas LP Ma’arif Agendakan Pembentukan Satgas Bermartabat

0
86

Rakernas LP Ma’arif berlangsung di Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —– Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dari Jumat (26/8) hingga Senin (29/8). Rakernas LP Ma’arif berlangsung di  Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur.


Ketua LP Ma’arif PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan dalam rakernas yang mengangkat tema “Membangun Pendidikan  Unggul untuk Peradaban Dunia yang Berkelanjutan” akan melakukan evaluasi program kerja tahun-tahun sebelumnya dan membahas program kerja untuk masa mendatang. Selain itu agenda yang akan dibahas dalam rakernas adalah berkaitan dengan standar pendidikan LP Ma’arif hingga membangun Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan perundungan kekerasan seksual di lingkungan lembaga pendidikan.


“Karena kita telah melakukan transformasi maka ada yang juga dibahas terkait peraturan di LP Ma’arif, kemudian terkait Peta Jalan Pendidikan LP Ma’arif, kemudian standar pendidikan dan kita mencoba membangun satuan tugas LP Ma’arif Bermartabat dalam upaya melakukan langkah preventif, mitigasi, penanggulangan perundungan, kekerasan seksual di lingkungan pendidikan,” kata Prof M. Ali Ramdhani kepada Republika,co.id pada Jumat (26/8/2022). 


Lebih lanjut Prof Ali mengatakan dari rakernas tersebut LP Ma’arif merekomendasikan kepada pemerintah agar dalam menghadirkan pendidikan di masa depan tidak meninggalkan ruang-ruang agama. Selain itu Prof Ali berharap pemerintah lebih memberikan perhatian terhadap sekolah-sekolah swasta. 


Rakernas LP Ma’arif dimulai dengan pembukaan expo pada Jumat (26/8) yang dimeriahkan dengan Fashion Show dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) Banat Kudus dan Konvoi 500 Motor dari Kota Batu Jawa Timur.


Pada Sabtu (27/8) rakernas akan diisi dengan seremoni pembukaan. Rencananya pembukaan rakernas dilakukan oleh  Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga diagendakan hadir menjadi pembicara dalam diskusi dengan  tema “Pendidikan Unggul Berwawasan Lokal & Global Untuk Peradaban Dunia yang Berkelanjutan”.


Pada Sore hari rakernas dilanjutkan dengan Sidang Pleno I tentang Pengarahan dan Pembagian Sidang Komisi.  Selanjutnya  Sidang Komisi hingga selesai.  Pada Ahad rencananya akan ada  peluncuran Satgas Ma’arif Bermartabat (Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan, Perundungan dan Intoleransi (P2KPI). 



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini