Penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah Aisyiyah Perlu Daftarkan Diri

0
98

Hampir 100 ribu penggembira Muktamar Muhammadiyah sudah mendaftar.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Antusiasme warga persyarikatan membesar mendekati perhelatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah. Semakin banyak pula kehadiran Cabang maupun Ranting Muhammadiyah-Aisyiyah ke Edutorium UMS sebagai satu lokasi ikonik Muktamar 48.


Koordinator Penggembira Muktamar 48 Reynal Falah mengatakan, sampai saat ini sudah hampir 100 ribu penggembira mendaftar melalui koordinator masing-masing. Penggembira terdaftar resmi berpeluang masuk Stadion Manahan untuk mengikuti pembukaan.


“Karena kapasitas Stadion Manahan terbatas, kemungkinan kuota penggembira sembilan ribu-10 ribu. Sistemnya bagaimana? Kami bagi rata ke penggembira yang terdaftar,” kata Reynal, Jumat (23/9/2022).


Untuk mendaftar, koordinator penggembira dapat mendaftar melalui WA 08164261271 atau 0817447227. Panitia mengirim link pendaftaran resmi, dan diperlukan surat mandat dari pimpinan persyarikatan masing-masing, atau amal usaha, atau ortom.


Siapkan data alamat, nomor telepon, dan NIK. NIK tidak akan bocor, tapi akan dikirim ke PP sebagai Big Data Muhammadiyah. Penggembira datang sendiri boleh mendaftar, tapi tetap koordinasi pimpinan setempat dan mendapatkan surat pimpinan setempat.


Nomor pendaftar akan dimasukkan dalam grup WA koordinator penggembira Muktamar 48. Grup tidak hanya berisi dari Indonesia, tapi dari PCIM dan PCIA yang sudah memastikan rombongan hadir seperti Mesir, Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi.


Grup WA ini sudah ada sejak 2019 dan diharapkan masing-masing koordinator akan meneruskan informasi kepada anggota. Tercatat sudah 180 koordinator penggembira masuk. Fasilitas lain yang diberikan layanan informasi mengenai penginapan.


Reynal menjelaskan, penggembira yang terdaftar akan diploting untuk pembagian tempat menginap maupun transit. Ia menekankan, panitia telah berkoordinasi pula dengan amal usaha-amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah serta masjid-masjid.


“Transit kami tempatkan di masjid-masjid, amal usaha kami siapkan sebagai tempat menginap. Sejauh ini, kami terus melakukan pendatan amal usaha di Solo Raya untuk jadi tempat menginap,” ujar Reynal.


Di amal usaha ini bersifat gratis dengan fasilitas sesuai kesanggupan yang ada di amal usaha. Alternatif lain, panitia berkoordinasi dengan penginapan di Asrama Donohudan untuk menyediakan penginapan berbayar dengan harga terjangkau.


Panitia telah koordinasi dengan 30 hotel di Solo Raya untuk menyediakan tempat menginap dengan harga yang wajar bagi penggembira Muktamar 48. Ada sekitar 30 hotel yang sudah MoU dengan panitia mulai kelas melati sampai bintang empat.


MOU dengan pihak hotel diperlukan untuk mengamankan ketersediaan kamar penginapan, memastikan harga penginapan normal, dan menghindari permainan calo. Penggembira yang belum mendaftar diminta segera mendaftar agar bisa segera diploting tempat.


“Kerja sama dengan PHRI cukup bagus, sehingga harga stabil. Monggo penggembira yang ingin menginap di hotel bisa hubungi kami dan kami pandu untuk menginap di hotel sesuai budget,” kata Reynal.


Kemudahan, bagi penggembira terdapat layanan shuttle di beberapa titik tertentu untuk memudahkan mobilitas penggembira. Reynal menegaskan, shuttle akan ada setiap beberapa menit sekali, dan ini bisa dimanfaatkan oleh penggembira.


Selain itu, dari sisi transportasi menuju Solo, panitia bekerja sama dengan Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) yang bisa menyediakan sarana transportasi. Baik pesawat, kereta, maupun bus menuju Kota Solo dengan harga yang standar.


“Silakan bagi penggembira di luar Solo ingin datang dan menggunakan transportasi umum bisa menghubungi 08155093926 call center Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) untuk kemudahan fasilitas harga transportasi yang harganya standar,” ujar Reynal. 



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini