Pengaruh Kebersihan Lingkungan Hidup Terhadap Lingkungan

0
274

Penulis:
Azriel Zharrif Kuncoro ( XI IPA 1 )
M.Khair Dabit (XI IPA 1 )

Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponen terbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangat dibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. Lingkungan yang sehat akanterwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik.


Lingkungan hidup di Indonesia perlu ditangani dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup seperti kemerosotan atau degradasi yang terjadi di berbagai daerah. Secara garis besar komponen lingkungan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok biotik (flora darat dan air, fauna darat dan air), kelompok abiotik ( sawah, air dan udara) dan kelompok kultur (ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan masyarakat).

Hal yang melatar belakangi kami membuat penelitian ini dikarenakan kebersihan lingkungan itu sebagian dari iman. Dan kebersihan itu merupakan suatu kewajiban bagi setiap induvidu agar terhindar dari penyakit.Kami melihat kebersihan lingkungan itu sangat berharga.Dengan lingkungan bersih kita bisa menjalankan aktifitas sehari-hari lebih nyaman,tenang,dan menjadi lebih sejuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini