Pejabat di Timur Tengah Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi di Itaewon

0
128

Kedutaan Arab Saudi di Seoul menyampaikan kesedihannya atas tragedi Itaewon.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Para pejabat pemerintah dari wilayah Arab dan sekitarnya menyampaikan belasungkawa mereka kepada Korea Selatan atas tragedi mematikan pada perayaan Halloween yang menewaskan lebih dari 150 orang di Itaewon. Kejadian yang membuat Preside Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional.


Kedutaan Arab Saudi di Seoul menyampaikan kesedihannya atas peristiwa pada Sabtu malam. “Menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Korea dan kepada orang-orang Korea yang ramah,” kata Kedubes dalam sebuah tweet dilansir dari Al Arabiya, Ahad (30/10/2022).


Kementerian Luar Negeri Saudi juga mengeluarkan pernyataan yang menyampaikan belasungkawa dan menyatakan simpatinya kepada Korea Selatan dan rakyatnya. Sementara itu, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan mengirim ungkapan belasungkawa kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, menurut lantor berita resmi Emirati WAM. Dia berharap korban yang terluka cepat sembuh.


Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden UEA, Perdana Menteri dan Penguasa Dubai juga mengirim telegram serupa kepada presiden Korea Selatan.


Mereka yang tewas dalam bencana Sabtu malam termasuk orang-orang dari Cina, Iran, Rusia, Amerika Serikat, Australia, Uzbekistan, Vietnam, Kazakhstan, Austria, Sri Lanka, Thailand, Norwegia dan Prancis, menurut kantor berita Yonhap.


Presiden China Xi Jinping mengirim belasungkawa ke Korea Selatan, media pemerintah melaporkan, mengatakan dia terkejut mengetahui adanya tragedi pada perayaan Halloween. “Atas nama pemerintah China dan rakyat China, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk para korban,” kata Xi dalam sebuah pesan kepada Presiden Korea Selatan, menurut penyiar negara CCTV.


Ahad pagi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dia sangat sedih dengan peristiwa itu. “Saya sangat terkejut dan sangat sedih dengan kecelakaan yang sangat tragis di Itaewon, Seoul, yang merenggut banyak nyawa berharga, termasuk orang-orang muda dengan masa depan mereka di depan mereka,” cicit Kishida.


Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka, menulis: “Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua orang yang terluka.”



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini