Masjid-masjid di Lancashire Promosikan ‘Visit My Mosque Day’

0
128

Masjid-masjid di Lancashire Promosikan ‘Visit My Mosque Day’

REPUBLIKA.CO.ID, PRESTON — Masjid-masjid di seluruh Lancashire dibuka untuk umum sebagai bagian dari ‘Visit My Mosque Day’ akhir pekan ini. Berbagai acara telah diatur akhir pekan ini (3-4 September) bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang agama Islam dan peran masjid dalam kehidupan orang-orang sehari-hari.

Dipimpin oleh Dewan Muslim Inggris (MCB), Visit My Mosque bertujuan untuk mempromosikan kerja sama yang lebih baik antara masjid dan komunitas lokal. MCB berharap bahwa melalui inisiatif hubungan jangka panjang tumbuh dan berkembang selama bertahun-tahun yang akan datang di tingkat akar rumput.

“Kami mendukung inisiatif Visit My Mosque setiap tahun karena membantu orang-orang dari seluruh komunitas kami dapat lebih memahami Islam dan tetangga Muslim mereka,” kata Ketua Dewan Masjid Lancashire (LCM), Molana Rafiq Sufi, dilansir dari laman Lancashire Telegraph pada Ahad (4/9/2022).

“Saya benar-benar akan mendorong siapa pun yang belum pernah ke masjid sebelumnya untuk meluangkan waktu dan mengunjungi masjid. Ada banyak hal yang ditulis dan dikatakan, tetapi itu membuat perbedaan besar ketika Anda berjalan ke masjid untuk pertama kalinya,” lanjutnya.

Pada 2018, jajak pendapat YouGov menemukan bahwa 70 persen orang Inggris tidak pernah mengunjungi tempat ibadah selain milik mereka sendiri.

Sejumlah masjid di Blackburn, Burnley, Preston, dan Nelson telah mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan lebih dari 200 masjid di seluruh Inggris dengan menyelenggarakan acara hari terbuka.

“Ini membantu menghilangkan banyak kesalahpahaman yang mungkin dimiliki siapa pun dan Anda juga dapat mempelajari sesuatu yang baru,” kata Rafiq.

Adapun tiga masjid dan musala multi-agama di Blackburn mengambil bagian dalam inisiatif tahun ini dan termasuk:

– Pusat Pendidikan Darussalam di Jalan Baru Whalley,

– The Holy and Noble Quran Society di Thompson Street, di luar Redlam,

– Masjid e Saliheen di Didsbury Street (Hari buka 18 September),

– Ruang sholat Royal Blackburn Hospital.

Sementara di Burnley, orang dapat mengunjungi Masjid Ibrahim, di luar Elm Street, dan Masjid UKIM Madina, di Manchester Road, Nelson juga ikut ambil bagian.

Sumber:

https://www.lancashiretelegraph.co.uk/news/20892878.lancashire-mosques-taking-part-visit-mosque-day/



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini