La Nyalla, Din Syamsuddin, hingga Gatot Nurmantyo Dijadwalkan Hadiri KUI Sumut ke-2 

0
97

Kongres Umat Islam Sumut akan menghadirkan sejumlah tokoh nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti, dan Tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin akan menjadi pembicara kunci pada Konges Umat Islam Sumatra Utara (KUI Sumut) ke-2.


Kongres yang digelar pada 26-28 Agustus di Asrama Haji Kota Medan ini sendiri akan dibuka Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. 


 


“Pembukaan resmi oleh Pak Gubernur Sumatra Utara, dan akan tampil sebagai keynote speaker adalah Pak La Nyalla sebagai Ketua DPD RI dan Prof Din Syamsuddin,” tutur Ketua Panitia KUI Sumut ke-2 Masri Sitanggang kepada Republika.co.id, Kamis (25/8/2022). 


 


Selain itu, Masri melanjutkan, tokoh-tokoh nasional lain juga akan hadir. Antara lain, Hamdan Zoelva sebagai ketua umum Syarikat Islam sekaligus mantan Mahkamah Konstitusi, Refly Harun selaku pakar hukum tata negara, dan Eggi Sudjana selaku praktisi hukum. 


 


“Prof Hamdan Zoelva akan bicara soal hukum, Prof Refly akan menjadi pembicara soal penataan hukum, dan juga Eggi Sudjana,” tuturnya. 


 


Tokoh-tokoh lain yang akan hadir di antaranya ialah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang akan bicara soal pertahanan dan keamanan, Syahganda Nainggolan yang bicara tentang Islamofobia, dan Ichsanuddin Noorsy yang bicara soal ekonomi, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, dan Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak. 


 


Tokoh ormas Islam dan kalangan akademisi juga akan menjadi pembicara. Tokoh ormas Islam di antaranya Ketua PW Muhammadiyah Sumut Hasyimsyah Nasution, Ketua PW Al-Washliyah Sumut Dedi Iskandar, Ketua Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI) HM Mursalin, Ketua PW Persatuan Islam (Persis) Sumut KH Muhammad Nuh, Dr Tiar Anwar Bachtiar dari PP Persis, dan Ketua Umum Gerakan Islam Pengawal (GIP) NKRI Masri Sitanggang. 


 


Sedangkan dari kalangan akademisi yaitu Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof Hamid Fahmy Zarkasyi, dan analis sosial politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun. 


 


“Jadi ormas Islamnya ada Muhammadiyah, Al-Washliyah, NU, Persis, Parmusi, Syarikat Islam, Persatuan Umat Islam (PUI), dan ormas-ormas Islam lokal di Sumut. Dengan total pembicara 20 orang, dengan pokok bahasan yang mencakup berbagai bidang,” ungkapnya.     



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini