Jangan Pernah Sia-siakan Waktu untuk Berpaling dari Allah SWT, Ini Alasannya

0
92

Berpaling dari Allah SWT merupakan kesia-siaan yang nyata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandary dalam kitab Al-Hikam menjelaskan tentang kesia-siaan yang nyata. 


Menurut Syekh Athaillah, kesia-siaan yang nyata adalah ketika seseorang diberi waktu luang tapi tidak melakukan perbuatan yang mendekatkan diri kepada-Nya atau melalaikan kewajiban beribadah kepada Allah SWT. 


الخِذْلانُ كُلُّ الخِذْلانِ أَنْ تَتَفَرَّغَ مِنْ الشَّواغِلِ ثُمَّ لا تَتَوَجَّهَ إلَيْهِ، وَتَقِلَّ عَوائِقُكَ ثُمَّ لا تَرْحَلَ إلَيْهِ.


“Sungguh, merupakan kesia-siaan yang nyata jika kamu tidak sibuk, kemudian kamu tidak menghadapkan diri kepada Allah SWT. Jika rintangan kamu sedikit, kemudian kamu tidak menghampiri-Nya.” (Syekh Athaillah, Al-Hikam) 


Penyusun dan Penerjemah Al-Hikam, D A Pakih Sati Lc dalam buku Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya yang diterbitkan penerbit Noktah tahun 2017 menjelaskan maksud Syekh Athaillah tentang kesia-siaan yang nyata. 


Alangkah merugi jika kalian telah selesai mengerjakan urusan-urusan dunia, kemudian tidak menghadapkan diri kepada Allah SWT. 


Untuk apa waktu kosong yang diberikan¬ Allah SWT kepada kalian? Ingatlah, jika kalian tidak mengisinya dengan ketaatan maka kalian mungkin akan mengisinya dengan ke¬maksiatan. 


Pilihan ada di tangan kalian. Kalian diberi Allah SWT hak untuk menentukan sesuatu yang terbaik buat kalian. 


Allah SWT telah menjelaskan kepada kalian jalan yang baik dan bu-ruk. Maka manfaatkanlah waktu yang diberikan Allah SWT kepada kalian untuk beribadah kepada-Nya. 


Rezeki berada di tangan Allah SWT, jangan menyangka bahwa usaha kalian yang membuat kalian kaya dan sejahtera. 


Apakah kalian tidak malu kepada-Nya? Padahal kalian diberikan kehidupan oleh Allah SWT, namun tidak memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. 


Jika kalian punya waktu luang, maka isilah dengan ibadah-ibadah sunnah atau kebaikan yang akan mendekatkan kalian kepada-Nya. Mengenai ibadah yang wajib, kalian seharusnya mengerjakannya tepat waktu. 


Jangan pernah melalaikan kewajiban kepada Allah SWT bahkan, kalian harus menghentikan pekerjaan kalian demi mengerjakan kewajiban tersebut.  


 



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini