Beranda blog

FK Unsri gelar Bulan Bakti ISMKI 2024

0

Palembang (ANTARA) – Departemen Pengembangan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) kembali menggelar rangkaian acara tahunan Bulan Bakti ISMKI 2024 guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pola hidup sehat.

Ketua Panitia Pelaksana Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024 Putri Suci Rhamadan didampingi wakilnya Akbar Triandra di Palembang, Sabtu, mengatakan kegiatan itu atas inisiatif oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) sebagai simbol pengabdian mahasiswa FK kepada masyarakat.

“FK Unsri yang berada di bawah naungan ISMKI, sudah sepantasnya melaksanakan dan mendukung penuh program kerja ini,” katanya.

Ia menjelaskan pada tahun ini, tema besar yang diangkat yaitu mengenai diabetes melitus. Untuk Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024, mengusung tema yaitu GLUCOSE: Get Living Up, Cut Out Sugar Excess.

Rangkaian acara Bulan Bakti ISMKI FK Unsri telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan penuh yang terdiri atas kegiatan pra-acara, puncak acara, dan pascaacara. Kegiatan ini dimulai dengan pra-acara yang berlangsung dari tanggal 1–10 Juni 2024 dengan agenda kampanye kesehatan melalui media sosial.

Kampanye kesehatan ini juga dilakukan dengan mengajak beberapa radio di Kota Palembang untuk bekerja sama, di antaranya adalah El John, Trax 95.1 FM, Pro 2 RRI, Global Radio 101.0 FM, dan Sonora Palembang.

Baca juga: Dies Faperta Unsri, kampus harus dampingi petani

Kemudian, terdapat podcast bersama dr. Dani Gemilang Kusuma yang membahas mengenai fakta atau mitos seputar diabetes melitus. Pembuatan podcast ini dilakukan bersama dengan Medifka FK Unsri. Lalu, terdapat live instagram bersama Dr. dr. Desi Oktariana, M. Biomed yang berisi QnA seputar diabetes melitus dengan total penonton sebanyak 242 orang.

Kegiatan puncak acara dilaksanakan di 2 SMA di Kota Palembang yang didukung oleh Ikatan Diabetes Anak dan Remaja Sumatera Selatan. Pada 12 Juni 2024, kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang dengan seminar berjudul GRAPE: Get Ready, Prevent Diabetes Melitus Through Education.

Seminar ini diisi oleh dr. Aditiawati, Sp.A (K) selaku Ketua Ikatan Diabetes Anak dan Remaja Sumatera Selatan yang mengajarkan pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang sebagai upaya pencegahan diabetes melitus. Selain seminar, kegiatan ini juga menyediakan pemeriksaan gula darah gratis dengan tujuan untuk mendeteksi dini kadar gula darah para siswa/i berkaitan dengan penyakit diabetes melitus.

Pada hari dan tempat yang sama, kegiatan Pelatihan dengan tema Empowering Health: Mastering Blood Sugar Screening Techniques juga dilaksanakan kepada para siswa PMR dan KKR SMA Negeri 1 Palembang.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar mendapatkan ilmu mengenai tata cara dalam melakukan pemeriksaan gula darah secara langsung. Kegiatan ini diakhiri dengan games edukatif untuk memaksimalkan pemahaman mereka terhadap materi yang telah diberikan.

Baca juga: Alumni Unsri: Periksa tingkat keamanan gedung di Unsri

 

Puncak acara berupa kegiatan seminar, pelatihan, dan pemeriksaan gula darah di SMA Negeri 1 Palembang. (ANTARA/HO-Panitia Bulan Bakti ISMKI FK Unsri)




Lalu, pada 13 Juni 2024, acara dilanjutkan di SMA Negeri 3 Palembang dengan seminar ODYSSEY: Obesity and Diabetes Understanding for Youth. Seminar ini diisi oleh dr. Yulisnawati Hasanah, Sp. A (K), M. Kes selaku Dokter Pendidik Klinis Muda yang menyampaikan materi mengenai hubungan antara obesitas dan diabetes melitus dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dampak buruknya obesitas terhadap kesehatan seseorang.

Selain seminar, terdapat penampilan drama teatrikal mengenai hormon yang menjaga kadar gula darah, games edukatif, dan pemeriksaan kadar gula darah secara gratis yang diharapkan dapat meningkatkan semangat para siswa/i untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Kegiatan Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024 ditutup dengan dilakukannya pasca acara. Pasca-acara ini telah dilaksanakan di Kambang Iwak Besar pada tanggal 7 Juli 2024. Kegiatan pasca-acara ini diadakan dengan berkolaborasi bersama Yayasan Jantung Indonesia dan TBM Sriwijaya.

Baca juga: UNSRI bantu pengolahan susu kerbau

Kegiatan yang dilakukan terdiri atas senam bersama, pemeriksaan gula darah dan tekanan darah secara gratis, serta pembagian susu rendah lemak gratis kepada lebih dari 100 orang masyarakat umum. Selain itu, kegiatan edukasi secara keliling juga dilakukan melalui pemberian pamflet mengenai “Mari Kenali Diabetes dan Hipertensi” oleh para panitia Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024.

“Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pola hidup sehat dan mengurangi kebiasaan konsumsi gula secara berlebih, khususnya pada kalangan remaja,” kata dia.

Dekan FK Unsri, dr Syarif Husin, M.S mengatakan komitmen FK Unsri untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata dia.

Sumber Berita

BRIN terima 500 sampel riset bawah laut dari Tim Mission Indonesia 2024

0

Jakarta (ANTARA) – Badan Riset dan Inovasi Nasional telah menerima sebanyak 500 sampel riset bawah laut Indonesia dari Tim Mission Indonesia 2024, yang dibentuk atas kerja sama BRIN, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta organisasi nirlaba OceanX.

“Seluruh data survei aman dan data atau sampel diserahkan ke BRIN sehingga semua informasi adalah milik Indonesia,” kata Direktur Pengelolaan Armada Kapal Riset BRIN Nugroho Dwi Hananto melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Pemerintah Indonesia, jelas Nugroho, akan menggunakan data dan temuan penelitian dari misi ini untuk mendesain penempatan area konservasi laut, pengelolaan perikanan, dan mitigasi bencana alam yang lebih baik tentang gempa bumi dan tsunami di Sumatera.

Baca juga: BRIN membangun dua kapal riset nasional

Baca juga: Kepala BRIN: Integrasi sumber daya terbukti dapat tingkatkan kualitas inovasi Indonesia

Hasil dari misi penelitian ini, lanjutnya, akan mendukung tujuan dan komitmen Indonesia terhadap Visi Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2045, yakni penciptaan kawasan konservasi laut di 30 persen wilayah perairan Indonesia, perikanan berbasis kuota, mendukung keselarasan Indonesia dengan Dekade Ilmu Pengetahuan Kelautan atau Ocean Decade PBB, dan memahami perbaikan kondisi laut.

“Geosains dan informasi yang diperoleh akan digunakan dalam mitigasi, adaptasi, pemantauan, dan pengawasan iklim,” tambahnya.

Adapun empat topik penelitian utama dalam misi ini, ungkap Nugroho, yaitu geologi kelautan, oseanografi, keanekaragaman hayati dan perikanan, serta ekologi mamalia laut.

“Misi ini juga akan menjadi peluang peningkatan kapasitas peneliti Indonesia untuk mempelajari metode penelitian baru dan mengembangkan kolaborasi lintas institusi,” ujarnya.

Baca juga: BRIN fokuskan kegiatan riset genomik untuk mitigasi pandemi masa mendatang

Dia mengatakan sebagian besar atau hampir seluruh proses ilmiah pada sampel-sampel yang diakuisisi di lapangan dapat dilakukan di dalam negeri, dengan kemampuan dalam negeri.

“Tentunya, kolaborasi dengan periset asing bisa menambah wawasan dan khasanah periset Indonesia tentang perkembangan ilmu pengetahuan yang mutakhir,” tuturnya.

Nugroho berharap para periset Indonesia, baik dari perguruan tinggi maupun BRIN dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada agar menghasilkan karya ilmiah unggul di tingkat global, agar mereka bisa membuktikan bahwa peneliti Indonesia juga merupakan peneliti yang andal.

Sumber Berita

Begini cara aman berkendara sepeda motor listrik

0

Makassar (ANTARA) – Tren berkendara sepeda motor listrik saat ini merebak dengan semakin banyak masyarakat yang menyukainya.

Tahukah anda bahwa berkendara sepeda motor listrik perlu ekstra hati-hati.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulselbartrabon, Wanny, saat ditemui di Makassar, Sulsel, Jumat malam (11/7) menyebutkan perlu kehati-hatian dalam berkendara sepeda motor listrik karena kendaraan tersebut memiliki beberapa faktor khusus.

Motor listrik menghasilkan torsi instan yang dapat menyebabkan akselerasi langsung, sehingga pengendara perlu mengontrol kecepatan melalui pegangan gas dengan lebih hati-hati untuk menghindari kehilangan kendali.

Motor listrik memiliki suara mesin senyap yang hampir tidak terdengar, sehingga pengendara yang baru menggunakan motor listrik perlu lebih terbiasa saat mengukur tarikan gas untuk berakselerasi dengan halus dan perlahan.

Berkat suara yang senyap, pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya mungkin tidak menyadari keberadaan motor listrik, sehingga berkendara harus lebih berhati-hati.

Pengendara sepeda motor listrik agar membiasakan menarik rem ketika menyalakan motor listrik, dan melepasnya secara perlahan sembari dengan lembut menarik akselerasi pada handgrip gas.

Saat menarik gas sebaiknya rem belakangnya pegang, untuk mencegah sentakan yang membuat pengendara kehilangan kendali.

Kemudian lepas rem pelan-pelan, kalau sudah terbiasa, akan menjadi kebiasaan. 

Pengendara perlu merencanakan perjalanan dengan mengukur rute, jarak, dan kapasitas jangkauan motor listrik yang akan digunakan.

Motor listrik Honda EM1 e, misalnya, memiliki jarak tempuh maksimum 41,4 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Pastikan rute yang hendak ditempuh sesuai dengan sisa baterai. 

Baca juga: Pemerintah siapkan dana 455 juta dolar AS subsidi penjualan sepeda motor listrik

Baca juga: ENTREV dorong skema sewa baterai untuk sepeda motor listrik

Sumber Berita

Binus University cetak lulusan sesuai kebutuhan industri

0

Jakarta (ANTARA) – Binus University menyelenggarakan Wisuda 69 dengan meluluskan 4.441 wisudawan yang membuktikan kontribusi Binus dalam membantu mengatasi masalah pengangguran di Indonesia dengan mencetak lulusan yang memiliki keterampilan relevan dengan kebutuhan sektor industri saat ini. 

Sebanyak 80,1 persen lulusan sarjana sudah bekerja. Dari jumlah tersebut, 36,2 persen bekerja di perusahaan global, 19,9 persen di perusahaan non-global maupun nasional teratas, 17,7 persen menjadi wirausahawan, 1,3 persen bekerja di perusahaan startup, dan 5,1 persen melanjutkan studi.

Rektor BINUS University Dr. Nelly. S.Kom., M.M., CSCA, dalam keterangannya, Kamis mengatakan sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang telah 43 tahun berdiri, BINUS University terus melakukan inovasi pembelajaran untuk membantu menyiapkan lulusan berkualitas global dan dapat berkontribusi memberikan solusi atas tantangan yang ada dalam masyarakat global.

“Teruslah berjuang, teruslah menanamkan Binusian Values untuk memiliki karakter yang baik, terus menjadi pembelajar seumur hidup untuk berkontribusi membina dan memberdayakan masyarakat,” kata Nelly.

BINUS University memiliki target untuk 2 dari 3 lulusan BINUS University untuk bekerja di perusahaan global atau menjadi wirausahawan. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah Program Kuliah 2,5 Tahun, Langsung Gapai Karier merupakan bukti nyata dari inovasi tersebut. Mahasiswa akan menjalani kuliah selama 2,5 tahun untuk kemudian dapat langsung memulai karier impian mereka lebih awal.

Program ini memungkinkan mahasiswa menjalani enrichment program dengan memilih salah satu dari tujuh track pembelajaran yang sesuai dengan minat dan rencana karier jangka panjang mereka, yaitu entrepreneurship, research, internship, further study, community development, study abroad, serta specific independent study.  

Komitmen BINUS University dalam penyelenggaraan pendidikan juga diapresiasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem A. Makarim yang mengatakan dalam lima tahun terakhir, BINUS University terus berkembang menjadi Kampus berkelas dunia yang memberikan kemerdekaan bagi para mahasiswa untuk belajar dan berkarya di luar kampus, sehingga generasi muda kita dapat mengasah kompetensi dan pengalaman yang relevan dalam kehidupan dunia saat ini.

“Selamat bagi 4.441 Wisudawan BINUS yang diwisuda hari ini. Saya berharap wisudawan dapat menjadi agen perubahan di mana pun berkarya, berdiri di garda terdepan memberikan kontribusi yang bemakna,” kata Nadiem dalam sambutan yang disampaikan melalui video.

Salah satu wisudawan, Nadia Tjandra, Binusian 2024 Jurusan Teknik Informatika merupakan merupakan lulusan yang mengikuti enrichment dengan mengambil jalur internship pada Apple Developer Program @BINUS. 

Dia menciptakan Circuit Craze, aplikasi IOS yang membuatnya terpilih sebagai Distinguished Winner pada WWDC24 Swift Student Challenge dan diundang ke Apple Park untuk mempresentasikan karyanya tersebut di hadapan Tim Cook (CEO of Apple).

“Bersyukur mendapat banyak pengalaman ketika kuliah, terutama program enrichment yang membuka peluang bagi saya untuk magang di Apple Developer Academy @BINUS. Saya mendapat banyak ilmu terutama bagaimana membuat aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang,” ucap Nadia.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU., dalam sambutannya mengapresiasi BINUS University yang menyiapkan mahasiswa tak hanya memiliki

kemampuan kompetensi atau hard-skill, namun juga pengembangan karakter.  

“Salah satu nilai yang ditanamkan, luar biasa: integrity, terbukti menyontek akan drop-out, dan alumni yang terjerat korupsi, akan dicabut ijazahnya,” tegas Samsuri.

 

Sumber Berita