Dari Buruh Serabutan Jadi Peternak Sukses, Baznas Tingkatkan Penghasilan Agus

0
112

Mulai dari ternaknya Agus sebanyak 9 ekor terus meningkat hingga 19 ekor

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berhasil meningkatkan kesejahteraan mustahik binaan, seperti yang dialami oleh Agus Harianto, asal Desa Kertosono Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Agus yang sebelumnya berprofesi sebagai buruh serabutan, kini telah bertransformasi menjadi seorang peternak sukses di bawah binaan Balai Ternak Baznas Gresik.


Mulai bergabung pada tahun 2020 dengan mendapatkan bantuan pembangunan kandang dan ternak sebanyak 9 ekor, pada September 2022 jumlah hewan ternak Agus meningkat hingga 19 ekor, dan memperoleh pendapatan hingga Rp 6.130.808 per bulan dari hasil penjualan ternak baik bakalan maupun anakan.

“Alhamdulillah, sejak mengikuti program Balai Ternak Baznas, keuangan saya sudah mulai stabil dan dari hasil tersebut saya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti uang dapur, jajan anak-anak, kebutuhan sekolah anak hingga dapat merenovasi rumah,” ujar Agus, Selasa (11/10/2022).

Program Balai Ternak Baznas Gresik yang dijalankan bukan hanya memberikan bantuan semata, namun peternak juga didampingi oleh pendamping yang mendamping dan memotivasi untuk terus semangat memelihara. Hal itulah yang sangat dirasakan Agus. Selain modal usaha yang diberikan, pria 35 tahun itu juga dibimbing dan dilatih agar mandiri dan berubah menjadi peternak sukses.

”Saya merasakan dampak yang sangat luar biasa dari program ini, karena program tidak hanya pembagian bantuan semata, tapi saya bersama peternak lainnya didampingi oleh pendamping program, di mana mulai dari cara beternak yang baik, pemberian pakan yang berkualitas, penanganan kesehatan ternak, hingga pendampingan bagaimana ternak kita dapat dijual dengan nilai yang sesuai,” tambah Agus.

Sementara itu Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, turut mengapresiasi capaian Agus bersama Baznas. Menurut Saidah, hal ini membuktikan komitmen kuat Agus yang dulunya merupakan seorang mustahik, untuk bertransformasi menjadi muzaki melalui beragam program produktif Baznas.

“Baznas sangat bangga dengan pencapaian Pak Agus. Dengan semangat yang kuat, beliau sangat bertanggung jawab untuk menjaga kepercayaan muzaki, yang sudah menyumbangkan sebagian hartanya untuk saling membantu. Semoga akan muncul Agus lain di berbagai daerah, demi tercapainya visi Baznas sebagai lembaga utama menyejahterakan umat,” ujar Saidah.

Saidah juga turut mengucapkan terima kasih kepada para muzaki yang telah menunaikan zakat melalui Baznas dan saling membantu untuk menyejahterakan masyarakat rentan. “Semoga kebaikan yang selalu ditanamkan para muzaki akan menjadi amal jariyah dan dapat memberikan senyum di wajah saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Saidah.



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini