Dampak Perubahan Iklim Terhadap Keanekaragaman Hayati

0
270

Disusun Oleh :

Aslam Rizky Fadillah (XI IPA 1)
Muhammad Yazidul Iman ( XI IPA 3)

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi didunia. Didunia tak ada dua individu yang benar benar sama. Setiap individu memiliki ciri ciri khusus yang membedakan satu dengan yang lainnya. Kekhasan dan tingginya tingkat keanekargaman makhluk hidup sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada manusia saja tetapi juga berdampak pada alam sekitar. Berikut adalah dampak perubahan iklim Dilansir dari Guru

Pendidikan, perubahan iklim akan mengakibatkan bongkahan es yang ada di daerah kutub akan terus mencair dan mengakibatkan permukaan air laut akan terus menaik. Suhu yang terus meningkat juga bisa mengakibatkan risiko kebakaran hutan menjadi lebih meningkat. Kondisi ini pernah dialami oleh negara Australia pada awal tahun 2020 ketika kebakaran hutan melanda dengan hebat dan membabat habis hutan dengan ganas. Perubahan iklim juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu pada air laut dan mengganggu ekosistem yang ada di dalamnya. Bahkan terhadap keanekaragman hayati yang secara mendadak hilang atau punah.

Hal yang melatar belakangi kami untuk membuat penelitian ini dikarenakan banyaknnya keanekaragman hayati yang hilang dari habitat asalnya ke tempat baru dan punah karena perubahan iklim tersebut.seperti spesies spesies makhluk hidup kian menyebar kearah kutub, bencana kebakaran hutan yang menyebabkan banyak hewan dan tumbuhan mati, dan pemutihan karang. Hal ini dikabarkan di national geographic dari tahun 1850 hingga 2100 terhadap lebih dari 30.000 spesies laut dan darat untuk memperkirakan waktu paparan bahaya iklim terhadap mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini