900 karateka dari 16 provinsi ikuti Kejurnas Shokaido 2022

0
76

Bogor (ANTARA) – Sekitar 900 karateka dari 16 provinsi di Indonesia mengikuti Kejuaraan Nasional Karate Shotokan Kandaga Indonesia (Kejurnas Shokaido) 2022 memperebutkan Piala Ketua MPR RI di Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, 24-25 September.

“Penyelenggaraan Kejurnas Shokaido ini harus menjadi kawah candradimuka untuk menggali potensi terdalam atlet secara optimal, dan melatih mental bertanding atlet, sehingga benar-benar siap ketika bertanding pada level yang lebih tinggi,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Sabtu, seusai membuka Kejurnas Shokaido serta mendapatkan sabuk hitam kehormatan Shokaido.q

Kejurnas Shokaido 2022 diselenggarakan Pengurus Besar Shokaido bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Hadir pada acara pembukaan, antara lain, Ketua Dewan Pembina Shokaido Efdjuno Tando, Ketua Dewan Guru Shokaido Aldrin Tando, dan Sekretaris Jendral PB Shokaido Asril Azhari.

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet berharap Kejurnas Shokaido kali ini dapat dioptimalkan sebagai sarana penjaringan atlet berprestasi, sehingga siap mengikuti Kejuaraan Nasional PB FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) dan Kejuaraan Dunia Karate SKIF di Jepang tahun depan.

“Kita patut berbangga bahwa pada kejuaraan dunia SKIF (Shotokan Karate-do International Federation) yang diselenggarakan terakhir kali sebelum pandemi COVID-19 tahun 2019 di Republik Ceko, Indonesia mencatatkan prestasi dengan raihan 2 medali emas dan 1 medali perunggu,” katanya.

Namun, kata dia, karate adalah olahraga beladiri yang memiliki tingkat kompetisi yang sangat dinamis, sehingga jika hanya berdiam diri, maka hampir dapat dipastikan prestasi karateka Indonesia akan ketinggalan.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, keberhasilan atlet karate Indonesia juga ditunjukkan dalam SEA Games Vietnam 2021 yang digelar pada 18-20 Mei 2022.

Dari target 3 medali emas yang ditetapkan, kontingen Indonesia malah mampu meraih 4 medali emas, 8 medali perak, dan 2 medali perunggu.

“Untuk meraih prestasi terbaik hanya dapat dilakukan dengan tekad yang bulat, komitmen yang kuat, determinasi yang tinggi, dan kesungguhan dalam berlatih,” katanya.

Baca juga: Kejuaraan Karate Senkaido Open bagian dari implementasi DBON

Baca juga: Khusin Ryu Karate-do jaring atlet untuk Kejurnas Karate 2022

Baca juga: Perguruan Karate Shokaido gelar kejurnas setelah tertunda dua tahun

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini